Senin, 29 April 2013

everybody will change, I believe it!

Ku menemukan sebuah tulisan dalam sosial media yang menarik untuk dikaji. rasanya tulisan itu seperti magnet yang menarikku untuk menelaah lebih jauh arti dan makna yang sebenarnya. Tulisan itu.....
" Setiap orang suatu saat akan mengalami perubahan sikap, sedikit atau banyak. jangan kaget atau protes. "
Kalimat dalam tulisan ini seperti mempertegas bahwa semua orang, cepat atau lambat akan berubah. entah berubah kearah yang lebih baik ataupun sebaliknya. Namun, kebanyakan orang terlalu takut pada perubahan buruk yang akan terjadi, hmm begitupun aku. tak dapat kupungkiri pemikiran negatif berkecamuk dalam pikiranku bahwa suatu saat aku harus siap dengan semua perubahan yang ada.
Namun dibalik pikiran negatif yang terbayang-bayang dalam benakku, ada sosok yang meyakinkanku bahwa tak ada yang perlu ditakutkan dari sebuah perubahan. perubahan baik maupun perubahan buruk itu seperti dua jalan yang saling berseberangan satu sama lain, atau mungkin seperti dua pilihan sulit yang mau tak mau harus dipilih salah satu diantaranya. memang, tak ada satu orang pun yang menginginkan dirinya terperosok dalam perubahan yang menjadikannya pribadi yang buruk. tapi kenyataan berkata lain, banyak orang yang akhirnya tanpa disadari membawa dirinya masuk ke dalam jurang kelam dalam hidup. padahal perubahan buruk terjadi karena faktor luar. Seperti lingkungan,atau mungkin banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi seseorang berubah menjadi buruk. sosok itu memberi contoh pada sebuah hubungan. Dalam hubungan sering kali masing-masing saling menuntut untuk diperlakukan baik, tapi sering kali masing-masing dari mereka pun tak menyadari bahwa mereka belum memperlakukan orang lain dengan baik. mungkin kalimat "jika aku ingin diperlakukan baik, maka aku juga harus memperlakukan orang lain dengan baik." seperti kalimat mantra untuk sebuah hubungan. mengapa? kalimat tersebut dapat menyadarkan kita untuk menghindari keegoisan dalam berhubungan, saling memberikan sesuatu yang terbaik dalam sebuah hubungan, dan tentunya dapat saling mengingatkan kesalahan satu sama lain. Pada intinya, hubungan timbal balik dalam konteks yang baik dalam sebuah hubungan sangat penting untuk memunculkan perubahan baik dan menghindari perubahan buruk. Namun, jika perubahan buruk itu terjadi, Apa yang harus aku lakukan? menangiskah? menerima? atau berpasrah menunggu keajaiban bahwa suatu saat dia akan kembali seperti dulu? Hey! semua tak akan terjadi tanpa suatu tindakan untuk merubah yang buruk menjadi baik! ini tugasku untuk menuntunnya kembali pada perubahan yang baik, untuk tetap memperjuangkan kita!
Jadi,apa yang harus ditakutkan dari sebuah perubahan? pada dasarnya semua orang memang akan mengalami fase perubahan yang berbeda-beda, dan aku percaya itu! 
Aku sangat ingin menjadi orang yang dapat berpengaruh dalam setiap perubahan baik yang ia lakukan dalam hidup. kurasa itu memang tugasku, begitupun dengannya mempunyai tugas untuk menuntunku pada perubahan yang baik pula. 
Sebuah pelajaran penting yang ku dapat malam ini :)

 danke für diese unterricht,

Yarrosachandi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar